Materi dan Sifatnya

Materi dan Sifatnya

Topic Progress:

Semua benda, baik itu hidup atau mati, organik atau anorganik, tersusun atas bahan kimia, atau yang ilmuwan lebih suka menyebutnya dengan istilah “materi” (matter). Terkadang, ada banyak hal keliru mengenai materi atau bahan kimia yang sering kita dengar dari sekitar kita. Misalnya, makanan atau produk kesehatan yang “bebas bahan kimia”, tidak mungkin bebas bahan kimia karena penyusun segala hal di dunia ini adalah bahan kimia.

Sebelum ilmu kimia modern berkembang, manusia sudah melakukan sekian banyak hal untuk memanipulasi materi, seperti memanaskan bijih logam untuk mendapat logam murni, membuat makanan olahan seperti keju, anggur, sabun, memanggang atau membakar daging, dan lain sebagainya. Bahkan, banyak ilmuwan alkimia yang berusaha melakukan eksperimen-eksperimen seperti mengubah logam menjadi emas.

Setelah kimia modern berkembang, kini manusia sudah berhasil menjawab permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dengan paham empat elemen (air, api, bumi, udara). Ternyata, semua benda disusun oleh bagian terkecil yang disebut sebagai atom, dan manusia sekarang sudah bisa memanipulasi bagian terkecil ini menghasilkan bahan-bahan yang memiliki sifat-sifat yang berbeda dari benda lainnya.

Sifat Materi

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Semua benda di sekitar kita, termasuk udara yang kita hirup, adalah materi karena mereka memiliki massa dan menempati ruang. Bagian atau komponen dari materi dan proporsi relatifnya kita sebut sebagai komposisi. Misalnya, air atau $\ce{H2O}$ terdiri dari 2 jenis atom berbeda dengan komposisi yang tetap, yaitu 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Materi memiliki 2 sifat, yaitu sifat fisika dan sifat kimia. Apabila terjadi perubahan pada sifat materi, maka perubahan tersebut bisa berupa perubahan fisika atau perubahan kimia.

Sifat fisika adalah sifat yang nampak dari suatu materi dan apabila mengalami perubahan maka komposisi dari materinya tidak berubah. Misalnya, ketika air dipanaskan, air akan berubah wujud dari cair menjadi gas, namun komposisinya tetap yaitu 2 hidrogen dan 1 oksigen. Selain wujud, yang termasuk ke sifat fisika adalah warna, kekerasan, konduktivitas listrik, kelenturan, dan lain-lain.

Sifat kimia adalah sifat yang menunjukkan kemampuan sebuah materi untuk mengalami perubahan komposisi senyawa.