Klasifikasi: Unsur, Senyawa, Campuran

Klasifikasi: Unsur, Senyawa, Campuran

Topic Progress:

Setiap materi tersusun atas unit terkecil yang disebut atom. Setiap atom yang berbeda adalah penyusun dari unsur kimia (element) yang berbeda. Saat ini, sudah ada 118 unsur kimia berbeda menurut IUPAC, dan seiring berkembangnya sains jumlah ini masih dapat bertambah. Dua atau lebih atom dari unsur berbeda dapat membentuk zat yang disebut sebagai senyawa (compound), di mana senyawa bisa terdekomposisi secara kimiawi menjadi unsur-unsurnya.

Apabila dua atau lebih atom bergabung (entah unsurnya sama atau berbeda), akan terbentuk molekul. Molekul dibagi menjadi molekul unsur atau molekul senyawa. Apabila unsurnya sama, molekul tersebut adalah molekul unsur, misalnya adalah gas oksigen, $\ce{O2}$, gas klorin, $\ce{Cl2}$, ozon, $\ce{O3}$, dan lain sebagainya. Apabila unsurnya berbeda, molekul tersebut adalah molekul senyawa, seperti air, $\ce{H2O}$, gas karbondioksida, $\ce{CO2}$, gas metana, $\ce{CH4}$, dan lain-lain.

Apabila sebuah sebuah materi tidak hanya terdiri dari zat (senyawa atau unsur) tunggal, maka materi termasuk ke dalam campuran. Campuran (mixture) adalah kumpulan zat yang bisa dipisahkan menjadi masing-masing zat penyusun dengan cara fisika. Contoh cara fisika yang dimaksud misalnya adalah salah satu zat diuapkan, diekstraksi, didinginkan hingga terbentuk endapan, kromatografi, dan lain sebagainya. Campuran dibagi menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran homogen adalah campuran yang tiap bagiannya tidak bisa dibedakan. Campuran homogen lebih sering disebut juga sebagai larutan. Contoh dari campuran homogen adalah air gula, di mana tiap bagian air gula memiliki sifat fisika dan kimia (rasa, warna, aroma, komposisi zat) yang sama. Udara yang kita hirup juga termasuk campuran homogen.

Campuran heterogen adalah campuran yang tiap bagiannya masih bisa dibedakan atau dipisahkan. Contoh campruan heterogen adalah air dan pasir, di mana secara jelas keduanya tidak bercampur sempurna, sehingga sifat fisika dan sifat kimia dari bagian-bagian tertentu akan berbeda dengan bagian lainnya.