Berikut ini adalah koleksi soal-soal Olimpiade Kimia yang dapat digunakan sebagai bahan belajar! Feel free untuk mengontak e-mail saya apabila ada soal yang mau ditambahkan 🙂

Tingkat: Nasional dan Regional

OSK, OSP, dan OSN Kimia

Kumpulan Soal OSK, OSP, dan OSN (atau KSN!) Kimia berikut ini didapatkan dari beberapa sumber, sehingga terkadang terdapat watermark di beberapa lembaran file pdf nya. Saya tidak bermaksud ‘mencuri’ karya website lain, apalagi soal-soal OSK, OSP, dan OSN bukanlah karya website lain, melainkan karya panitia OSN 🙂

Soal-soal dari Berbagai Universitas

Soal-soal Tes Mandiri Pelatnas IChO

Soal “OSN Luar Negeri”

Soal-soal olimpiade tingkat nasional dari luar negeri berikut sangat direkomendasikan untuk dipelajari. Mengapa? Karena soal OSN sendiri sering “mencomot” dari soal OSN luar, terutama German Problems. Sementara, soal USNCO menerapkan jenis soal yang sangat konseptual dan dasar, sehingga akan sangat mengasah pengetahuan kimia. Ketika nanti kalian masuk pelatnas, soal-soal “comotan” dari UKChO, INChO, dan BChO akan menjadi makanan sehari-hari.

Tingkat: Internasional

IChO Past Papers and Preparatory Problems

International Mendeleev Chemistry Olympiad Past Papers

International Mendeleev Chemistry Olympiad (IMCO) adalah ajang olimpiade kimia bertingkat Internasional yang diikuti banyak negara, terutama negara-negara pecahan Uni Soviet. Indonesia sendiri belum pernah berpartisipasi di ajang yang satu ini. Soal-soal IMCO adalah soal-soal yang bisa dibilang sangat sulit, bahkan kebanyakan lebih sulit dibandingkan soal IChO. Biasanya, soal-soal IMCO digunakan sebagai bahan belajar peserta pelatnas, terutama peserta pelatnas ketiga atau keempat, untuk melatih kemampuan problem-solving.

Update soal-soal dapat dicari di website resmi bagian olimpiade Departemen Kimia Moscow State University.

International Olympiad of Metropolises – Chemistry Past Papers

International Olympiad of Metropolises (IOM) adalah olimpiade kimia tingkat internasional yang hanya diikuti oleh kota-kota besar (biasanya ibukota) dari berbagai negara. Keempat edisi pertama IOM dilaksanakan di Moscow, Russia. Terdapat empat mata bidang yang diujikan, yaitu matematika, fisika, kimia, dan informatika. Setiap negara hanya dapat diwakili oleh delapan peserta (masing-masing bidang dua peserta) dari ibukota atau kota terbesar di negara tersebut. Indonesia sendiri mengirimkan peserta hanya yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta. Meskipun begitu, soal-soal yang disajikan cukup berkualitas dan menarik, sehingga bisa digunakan untuk bahan belajar.

International Olympiad “Tuymaada”

International Olympiad “Tuymaada” adalah olimpiade kimia tingkat internasional yang lagi-lagi diadakan oleh salah satu negara terambis di IChO, yaitu Rusia. Soal-soalnya tidak perlu diragukan lagi tingkat kesulitannya.