Berikut ini adalah textbook yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mempelajari ilmu kimia, terutama untuk olimpiade. Textbook yang saya review secara khusus adalah textbook yang pernah saya baca baik seluruhnya atau sebagian. Textbook lain yang tergolong ‘Alternatives & Extras’ adalah textbook yang juga direkomendasikan oleh teman-teman saya.

Perlu diingat bahwa saya membaca semua textbook dalam Bahasa Inggris. Kebanyakan textbook yang saya rekomendasikan, tidak memiliki terjemahan Bahasa Indonesianya.

General Chemistry – Principles and Modern Applications 11th edition by Petrucci, Herring, Bissonnette, Madura

Untuk mengawali perjalanan mempelajari kimia, tentunya harus dimulai dari yang paling dasar, yaitu kimia dasar (general chemistry). Textbook ini saya gunakan sebagai referensi utama dalam membuat video-video di channel YouTube saya, Tepanaca Chemistry.

Organic Chemistry 2nd edition by Clayden, Greeves, Warren, and Wothers

Textbook ini adalah textbook WAJIB untuk membangun konsep kimia organik dengan dasar mekanisme reaksi.

Banyak sekali mantan juara olimpiade dan pembimbing olimpiade yang merekomendasikan buku ini selain saya. Misalnya, ada kak Fahmi, peraih perak IChO 2016 dan 2017:

Ada kak Atika, legend peraih tiga medali lengkap OSN Kimia:

Salah satu delegasi dan eks anggota IChO Steering Committee dari Singapura yang juga menjadi teaching staff di kampus saya, NUS, juga sangat merekomendasikan buku ini:

Read this book and you shall own the IChO!

Inorganic Chemistry 5th edition by Housecroft and Sharpe

Textbook ini sangat bermanfaat terutama di pelatnas, karena banyak dosen dan tutor mahasiswa yang menggunakan konten textbook ini sebagai referensi. Banyak juga konten dalam textbook ini yang akan dikeluarkan di IChO. Saya sendiri menyukai textbook ini karena selain minim hitungan, bukunya juga cukup kaya gambar dan warna.

Bab yang saya rekomendasikan untuk dibaca adalah bab awal (selain simetri dan polyatomic MO), kristal (logam, ionik, dan semikonduktor), larutan berair, redoks, non-aqueous media, unsur blok s dan p, serta senyawa kompleks (orbital d, CFSE). Khusus untuk unsur blok s dan p, banyak bagian yang terlalu detail yang bisa diskip. Pada bagian akhir buku juga terdapat konten yang pernah dikeluarkan di soal IChO, misalnya mekanisme reaksi kompleks (trans effect, dsb) dan logam dalam biokimia.

Di pelatnas sendiri penting untuk mempelajari hampir keseluruhan isi textbook ini, meskipun banyak sekali konten yang tidak keluar di olimpiade atau di IChO. Misalnya, ada dosen yang mengajar mengenai simetri, polyatomic MO, spektroskopi (raman, IR, NMR selain 1H dan 13C), diagram Tanabe-Sugano, dsb.

Physical Chemistry 4th edition by Silbey, Alberty, and Bawendi

Textbook karangan dosen-dosen MIT ini pernah membantu saya surviving physical chemistry in pelatnas. Dari dulu, kelemahan terbesar saya adalah kimia fisik, terutama menurunkan rumus-rumus yang banyak menggunakan matematika (kalkulus). Untungnya, tidak seperti textbook karya Atkins yang tahu-tahu ngasih rumus jadi tanpa menunjukkan cara ‘nurunin’ rumus, textbook ini banyak menunjukkan perhitungan kalkulusnya. Jangan khawatir bila kalian juga tidak menguasai bab kalkulusnya, karena di IChO tidak akan ada kalkulusnya.

Kelebihan terbesar lain dari textbook ini adalah soal-soal latihannya banyak yang keluar jadi soal di pelatnas. Misalnya, Example 1.5 mengenai hubungan dua koefisien Virial dan Example 1.7 mengenai hubungan volume, suhu, dan tekanan gas nyata pada titik kritis dengan nilai a dan b pada gas van der Waals, pernah dijadikan soal tes oleh Ibu Lubna.

Modern Analytical Chemistry 2nd edition by Harvey

Textbook ini adalah textbook utama yang saya gunakan untuk mempelajari kimia analitik. Bab yang saya rekomendasikan untuk dibaca adalah bab kesetimbangan, ekstraksi, titrasi, dan metode-metode yang melibatkan elektrokimia.

Sayangnya, textbook ini hanya hitam-putih…

Laboratory Techniques in Organic Chemistry by Möhrig, Alberg, Hofmeister, Schatz, and Hammond

Saya menyesal tidak membaca textbook ini lebih awal. Saya termasuk golongan yang hampir tidak pernah melakukan praktikkum organik sebelum pelatnas (hanya di OSN dan OKTAN ITB). Banyak hal yang dapat dipelajari di buku ini mengenai teori dan teknik laboratorium untuk kimia organik, terutama yang sering dilakukan di OSN adalah TLC, sedangkan di pelatnas ada filtrasi dengan corong Büchner, refluks, ekstraksi, distiliasi, dan rekristalisasi.

Alternatives & Extras

General Chemistry by Chang

Chemistry: The Central Science by Brown

Chemistry by Zumdahl

Principles of Modern Chemistry by Oxtoby

Organic Chemistry 12th edition by Solomons

Organic Chemistry by McMurry

Inorganic Chemistry by Atkins

Physical Chemistry 10th edition by Atkins and Paula

Physical Chemistry for the Chemical Sciences 1st edition by Chang

Physical Chemistry by Engel and Reid

Fundamentals of Analytical Chemistry by Skoog

Textbook of Practical Organic Chemistry 5th edition by Vogel

Qualitative Inorganic Analysis 5th edition by Vogel

Biochemistry by Lehninger