Pembahasan OKTAN/CRYSTAL ITB 2020 Perempat Final Essay 9

Soal

Kinetika Reaksi Enzimatis (18)

α-amilase merupakan enzim yang mengkatalisis reaksi hidrolisis ikatan α-1,4-glikosidik secara acak (endo enzim). Produk yang dihasilkan dapat berupa oligosakarida dan disakarida.

a. Gambarkan struktur dari produk yang dihasilkan oleh hidrolisis amilosa oleh α-amilase yang merupakan disakarida. (5)

Penentuan parameter kinetika reaksi α-amilase dilakukan dengan menggunakan metode Fuwa. Metode Fuwa merupakan salah satu metode penentuan aktivitas enzim. Pada metode ini, pati akan berikatan secara kompleks dengan I3 (KI/I2), membentuk kompleks pati-I3. Kompleks yang terbentuk berwarna biru. Ketika kompleks ini direaksikan dengan α-amilase, ikatan pati-I3 akan melemah karena sebagian pati terhidrolisis. Adanya hidrolisis menyebabkan semakin berkurangnya pati yang terikat pada I3, sehingga warna biru memudar.

b. Turunkan persamaan Michaelis-Menten dan Lineweaver-Burk yang digunakan untuk menentukan parameter kinetika enzim! (8)

Data yang didapat adalah sebagai berikut:

[S] mMVo (mM s-1)
113
221
430
839
1646

c. Tentukan parameter kinetika (VMaks dan KM) dengan pendekatan linearisasi dari persamaan Michaelis-Menten, yaitu Lineweaver-Burk! (5)

Pembahasan

a. Amilosa adalah polisakarida yang monomernya adalah α-D-glukosa, sehingga berikut struktur produk hidrolisisnya:

b. Lihat materi kinetika enzim.

c. Dari persamaan untuk kurva Lineweaver-burk, kita dapat membuat plot ${\frac{1}{v}}$ terhadap ${\frac{1}{[S]}}$, dengan gradien yaitu ${\frac{K_M}{v_{max}}}$ dan perpotongan di sumbu y yaitu ${\frac{1}{v_{max}}}$. Dengan regresi linear y = a+bx, didapat nilai a yaitu 18.32 dan b yaitu 0.0587, sehingga di dapat:

$${v_{max} = \frac{1}{a} = 0.0546\,M \cdot s^{-1}}$$

$${K_M = \frac{b}{a} = 3.20 \cdot 10^{-3}}$$

Silahkan gunakan kolom komentar untuk bertanya atau mengoreksi pembahasan saya!

Leave a Reply